Temukan Rahasia Dibalik ASEAN: Panduan Lengkap untuk Organisasi Asia Tenggara


Temukan Rahasia Dibalik ASEAN: Panduan Lengkap untuk Organisasi Asia Tenggara

Pengertian ASEAN


Pengertian ASEAN, Informasi

ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara). Organisasi ini didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, oleh lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Tujuan utama didirikannya ASEAN adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan budaya di kawasan Asia Tenggara. Hingga saat ini, ASEAN telah berkembang dan memiliki 10 negara anggota, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

ASEAN memainkan peran penting dalam meningkatkan kerja sama dan integrasi di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ini telah berhasil menciptakan pasar tunggal, yang memungkinkan barang, jasa, investasi, dan tenaga kerja bergerak bebas di antara negara-negara anggota. ASEAN juga telah membentuk berbagai komunitas, seperti Komunitas Politik dan Keamanan, Komunitas Ekonomi, dan Komunitas Sosial Budaya, untuk mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan di kawasan.

Pengertian ASEAN sangat penting untuk dipahami karena organisasi ini memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat di kawasan Asia Tenggara. ASEAN telah membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, ASEAN juga telah berperan dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan, serta meningkatkan kerja sama dan saling pengertian antar negara-negara anggota.

apa itu ASEAN

ASEAN adalah organisasi regional yang bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan budaya di kawasan Asia Tenggara. Berikut adalah 10 aspek penting terkait ASEAN:

  • Kerja sama ekonomi
  • Integrasi regional
  • Perdamaian dan stabilitas
  • Komunitas ASEAN
  • Perdagangan bebas
  • Investasi
  • Tenaga kerja terampil
  • Budaya bersama
  • Lingkungan hidup
  • Kemitraan global

Aspek-aspek tersebut saling terkait dan berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan ASEAN. Kerja sama ekonomi dan integrasi regional telah menciptakan pasar tunggal yang memungkinkan barang, jasa, investasi, dan tenaga kerja bergerak bebas antar negara anggota. Perdamaian dan stabilitas di kawasan juga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan pembangunan sosial. Komunitas ASEAN, yang meliputi Komunitas Politik dan Keamanan, Komunitas Ekonomi, dan Komunitas Sosial Budaya, menjadi wadah untuk meningkatkan kerja sama dan integrasi di berbagai bidang.

Kerja sama ekonomi


Kerja Sama Ekonomi, Informasi

Kerja sama ekonomi merupakan salah satu aspek penting dalam ASEAN. Kerja sama ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan taraf hidup masyarakat, dan mengurangi kemiskinan di kawasan Asia Tenggara. Kerja sama ekonomi ASEAN meliputi berbagai bidang, seperti perdagangan bebas, investasi, tenaga kerja terampil, dan pengembangan infrastruktur.

Kerja sama ekonomi ASEAN telah berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan. Pembentukan pasar tunggal ASEAN telah memperlancar arus barang, jasa, investasi, dan tenaga kerja, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi di negara-negara anggota. Selain itu, kerja sama ekonomi ASEAN juga telah menarik investasi asing ke kawasan, yang semakin memacu pertumbuhan ekonomi.

Kerja sama ekonomi ASEAN juga memiliki dampak positif terhadap taraf hidup masyarakat. Perdagangan bebas dan investasi telah menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Selain itu, kerja sama ekonomi ASEAN juga telah meningkatkan akses masyarakat terhadap barang dan jasa yang lebih murah dan berkualitas.

Integrasi regional


Integrasi Regional, Informasi

Integrasi regional merupakan proses penyatuan dua atau lebih negara menjadi satu kesatuan wilayah yang lebih besar. Integrasi regional dapat dilakukan dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, politik, sosial, dan budaya. ASEAN merupakan salah satu organisasi regional yang berhasil melakukan integrasi regional di kawasan Asia Tenggara.

Integrasi regional ASEAN telah memberikan banyak manfaat bagi negara-negara anggota. Integrasi ekonomi telah menciptakan pasar tunggal ASEAN yang memungkinkan barang, jasa, investasi, dan tenaga kerja bergerak bebas di antara negara-negara anggota. Integrasi politik telah meningkatkan kerja sama dalam bidang keamanan dan pertahanan, serta mendorong terciptanya perdamaian dan stabilitas di kawasan. Integrasi sosial dan budaya telah memperkuat rasa kebersamaan dan identitas regional di antara masyarakat ASEAN.

Integrasi regional ASEAN merupakan sebuah proses yang terus berkembang. Tantangan yang dihadapi ASEAN dalam melakukan integrasi regional antara lain perbedaan tingkat pembangunan ekonomi, kesenjangan sosial, dan konflik politik. Namun, dengan komitmen dan kerja sama yang kuat, ASEAN terus berupaya untuk meningkatkan integrasi regional dan mewujudkan tujuan bersama untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, sejahtera, dan berdaya saing.

Perdamaian dan stabilitas


Perdamaian Dan Stabilitas, Informasi

Perdamaian dan stabilitas merupakan prasyarat penting bagi pembangunan dan kemajuan suatu negara. ASEAN menyadari pentingnya perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara. Sejak awal berdirinya, ASEAN telah menjadikan perdamaian dan stabilitas sebagai salah satu tujuan utamanya.

Baca juga:  Rahasia Pacaran yang Wajib Kamu Ketahui, Dijamin Makin Langgeng!

ASEAN telah memainkan peran penting dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan. Melalui kerja sama di bidang politik dan keamanan, ASEAN telah berhasil mencegah terjadinya konflik dan kekerasan di antara negara-negara anggotanya. ASEAN juga telah mengembangkan mekanisme penyelesaian sengketa secara damai, sehingga setiap perselisihan yang timbul dapat diselesaikan melalui jalur diplomasi.

Perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara tidak hanya penting bagi negara-negara anggota ASEAN, tetapi juga bagi dunia internasional. Kawasan Asia Tenggara merupakan salah satu kawasan yang strategis dan memiliki potensi ekonomi yang besar. Perdamaian dan stabilitas di kawasan ini akan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan.

Komunitas ASEAN


Komunitas ASEAN, Informasi

Komunitas ASEAN adalah sebuah kerangka kerja sama yang komprehensif yang dibentuk oleh negara-negara anggota ASEAN untuk mempromosikan integrasi regional di berbagai bidang, termasuk politik-keamanan, ekonomi, dan sosial budaya. Komunitas ASEAN dibentuk berdasarkan Deklarasi Kuala Lumpur tahun 2005 dan mulai berlaku pada tanggal 31 Desember 2015.

Komunitas ASEAN terdiri dari tiga pilar utama, yaitu:

  1. Komunitas Politik-Keamanan ASEAN (APSC)
  2. Komunitas Ekonomi ASEAN (AEC)
  3. Komunitas Sosial Budaya ASEAN (ASCC)

Pembentukan Komunitas ASEAN merupakan tonggak sejarah penting dalam perjalanan ASEAN. Komunitas ASEAN diharapkan dapat membawa manfaat yang besar bagi negara-negara anggota, antara lain:

  • Meningkatnya stabilitas dan keamanan regional
  • Terwujudnya pasar tunggal ASEAN yang dapat meningkatkan perdagangan dan investasi
  • Meningkatnya kerja sama di bidang sosial budaya, seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan hidup

Pembentukan Komunitas ASEAN tentu juga menghadapi tantangan, seperti perbedaan tingkat pembangunan ekonomi dan sosial antar negara anggota. Namun, dengan komitmen dan kerja sama yang kuat, ASEAN yakin dapat mengatasi tantangan tersebut dan mewujudkan tujuan bersama untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, sejahtera, dan berdaya saing.

Perdagangan bebas


Perdagangan Bebas, Informasi

Perdagangan bebas adalah kebijakan yang memungkinkan barang dan jasa diperdagangkan antar negara tanpa hambatan tarif atau non-tarif. ASEAN telah menjadikan perdagangan bebas sebagai salah satu pilar utama kerja sama ekonominya.

  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi

    Perdagangan bebas menciptakan pasar yang lebih besar bagi produsen, sehingga mendorong investasi dan pertumbuhan ekonomi. Di ASEAN, perdagangan bebas telah meningkatkan perdagangan intra-regional secara signifikan, sehingga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara-negara anggota.

  • Menurunkan harga barang dan jasa

    Dengan menghilangkan tarif dan hambatan perdagangan lainnya, perdagangan bebas memungkinkan konsumen untuk membeli barang dan jasa yang lebih murah. Hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kemiskinan.

  • Meningkatkan pilihan konsumen

    Perdagangan bebas memungkinkan konsumen untuk mengakses berbagai macam barang dan jasa dari berbagai negara. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup dan mendorong inovasi.

  • Mendorong persaingan

    Perdagangan bebas menciptakan lingkungan yang lebih kompetitif bagi bisnis. Hal ini dapat memaksa perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan menurunkan harga, sehingga menguntungkan konsumen.

Perdagangan bebas merupakan komponen penting dari ASEAN. Kebijakan ini telah membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menurunkan harga barang dan jasa, meningkatkan pilihan konsumen, dan mendorong persaingan. ASEAN berkomitmen untuk terus mempromosikan perdagangan bebas di kawasan, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakatnya.

Investasi


Investasi, Informasi

Investasi merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan ekonomi di kawasan ASEAN. Investasi dapat berasal dari dalam negeri maupun luar negeri, dan memainkan peran penting dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan produktivitas, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

  • Investasi langsung asing (FDI)

    FDI merupakan jenis investasi dimana investor asing menanamkan modalnya di suatu negara untuk membangun bisnis atau mengakuisisi perusahaan yang sudah ada. FDI sangat penting bagi negara-negara ASEAN karena dapat menyediakan sumber daya keuangan, teknologi, dan keahlian yang dibutuhkan untuk pembangunan ekonomi.

  • Investasi portofolio

    Investasi portofolio adalah jenis investasi dimana investor membeli saham atau obligasi perusahaan asing. Investasi portofolio dapat memberikan manfaat bagi investor dengan memberikan return investasi yang lebih tinggi dibandingkan investasi domestik.

  • Investasi infrastruktur

    Investasi infrastruktur sangat penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN. Investasi infrastruktur dapat meliputi pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan, dan bandara, yang dapat meningkatkan konektivitas dan perdagangan antar negara-negara anggota ASEAN.

  • Investasi di bidang pendidikan dan pelatihan

    Investasi di bidang pendidikan dan pelatihan sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kawasan ASEAN. Investasi ini dapat meliputi pembangunan sekolah, universitas, dan pusat pelatihan, yang dapat menyediakan tenaga kerja terampil yang dibutuhkan untuk pembangunan ekonomi.

Baca juga:  Panduan Lengkap Seputar Ikhtilat: Pemahaman, Norma, dan Tujuannya

Investasi merupakan salah satu pilar utama dalam kerja sama ekonomi ASEAN. Dengan menarik investasi, negara-negara anggota ASEAN dapat mempercepat pembangunan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memperkuat integrasi regional.

Tenaga kerja terampil


Tenaga Kerja Terampil, Informasi

Tenaga kerja terampil memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi di kawasan ASEAN. Tenaga kerja terampil dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, peningkatan produktivitas, dan inovasi.

  • Meningkatkan produktivitas

    Tenaga kerja terampil memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan tugas mereka secara efektif dan efisien. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas perusahaan dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

  • Mendorong inovasi

    Tenaga kerja terampil dapat memberikan ide-ide baru dan solusi inovatif untuk memecahkan masalah dan meningkatkan proses bisnis. Hal ini dapat mendorong inovasi dan mengarah pada pengembangan produk dan layanan baru.

  • Meningkatkan daya saing

    Tenaga kerja terampil dapat membantu perusahaan untuk bersaing secara efektif di pasar global. Dengan memiliki tenaga kerja yang terampil, perusahaan dapat menghasilkan produk dan layanan berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan pelanggan.

  • Menarik investasi

    Kawasan dengan tenaga kerja terampil yang besar dapat menarik investasi asing. Investor cenderung berinvestasi di negara-negara dengan tenaga kerja yang terampil dan berpendidikan.

Pengembangan tenaga kerja terampil merupakan salah satu prioritas utama ASEAN. ASEAN telah meluncurkan sejumlah inisiatif untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja di kawasan, seperti ASEAN Skills 2025 dan ASEAN Qualifications Reference Framework. Inisiatif-inisiatif ini bertujuan untuk memastikan bahwa tenaga kerja ASEAN memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja masa depan.

Budaya Bersama


Budaya Bersama, Informasi

Budaya bersama merupakan salah satu pilar penting dalam ASEAN. Budaya bersama ini terbentuk dari perpaduan berbagai budaya yang ada di negara-negara anggota ASEAN, dan menjadi perekat yang menyatukan masyarakat di kawasan.

  • Bahasa

    Bahasa Melayu telah ditetapkan sebagai bahasa resmi ASEAN, dan digunakan sebagai bahasa komunikasi dalam berbagai pertemuan dan kegiatan ASEAN. Selain itu, banyak negara anggota ASEAN yang memiliki bahasa yang serumpun, seperti bahasa Indonesia, bahasa Malaysia, dan bahasa Thailand, yang memudahkan komunikasi antar masyarakat di kawasan.

  • Agama

    Mayoritas masyarakat di negara-negara anggota ASEAN beragama Islam, Buddha, Kristen, dan Hindu. Keberagaman agama ini menjadi kekayaan budaya ASEAN, dan menjadi dasar bagi toleransi dan saling pengertian antar masyarakat.

  • Seni dan Budaya

    ASEAN memiliki kekayaan seni dan budaya yang beragam, seperti tari, musik, dan seni rupa. Seni dan budaya ini saling mempengaruhi dan memperkaya satu sama lain, membentuk identitas budaya ASEAN yang unik.

  • Kuliner

    Masakan ASEAN dikenal dengan cita rasanya yang kaya dan beragam, yang mencerminkan keragaman budaya di kawasan. Hidangan-hidangan seperti nasi goreng, tom yum, dan rendang telah menjadi makanan khas ASEAN yang digemari masyarakat di seluruh dunia.

Budaya bersama merupakan kekuatan pemersatu yang penting di ASEAN. Budaya bersama ini menjadi dasar bagi kerja sama dan integrasi di berbagai bidang, dan berkontribusi pada terciptanya rasa identitas dan kebersamaan di antara masyarakat di kawasan.

Lingkungan Hidup


Lingkungan Hidup, Informasi

Lingkungan hidup merupakan salah satu aspek penting dalam kerja sama ASEAN. Degradasi lingkungan hidup dapat berdampak negatif terhadap pembangunan ekonomi, kesehatan masyarakat, dan ketahanan kawasan. Oleh karena itu, ASEAN berkomitmen untuk melindungi dan mengelola lingkungan hidup secara berkelanjutan.

ASEAN telah mengembangkan sejumlah mekanisme untuk kerja sama lingkungan hidup, antara lain:

  • Deklarasi ASEAN tentang Lingkungan Hidup (1977)
  • Perjanjian ASEAN tentang Polusi Asap Lintas Batas (2002)
  • Perjanjian ASEAN tentang Keanekaragaman Hayati (2005)
  • Rencana Aksi ASEAN untuk Lingkungan Hidup (2016-2025)

Kerja sama lingkungan hidup ASEAN difokuskan pada sejumlah bidang, antara lain:

  • Pengelolaan sumber daya alam
  • Pengurangan polusi
  • Perubahan iklim
  • Keanekaragaman hayati

Kerja sama lingkungan hidup ASEAN telah menghasilkan sejumlah kemajuan, antara lain:

  • Pengurangan emisi gas rumah kaca
  • Pelestarian keanekaragaman hayati
  • Peningkatan kualitas udara dan air
  • Pengembangan teknologi ramah lingkungan

Namun, ASEAN masih menghadapi sejumlah tantangan dalam bidang lingkungan hidup, antara lain:

Baca juga:  Apa Itu Teks Argumentasi: Menyingkap Rahasia Membangun Argumen yang Menggugah

  • Pencemaran udara dan air
  • Deforestasi
  • Perubahan iklim
  • Kekurangan air bersih

ASEAN terus berupaya untuk mengatasi tantangan-tantangan ini melalui kerja sama dan koordinasi antar negara anggota. ASEAN berkomitmen untuk menciptakan kawasan yang bersih, hijau, dan berkelanjutan untuk generasi mendatang.

Kemitraan Global


Kemitraan Global, Informasi

Kemitraan global merupakan salah satu aspek penting dalam kerja sama ASEAN. Kemitraan global memungkinkan ASEAN untuk menjalin kerja sama dengan negara-negara di luar kawasan, baik secara bilateral maupun multilateral, untuk mencapai tujuan bersama dan mengatasi tantangan global.

  • Dialog dan Kerjasama

    ASEAN menjalin dialog dan kerja sama dengan berbagai negara dan organisasi internasional, seperti Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang, Uni Eropa, dan PBB. Dialog dan kerja sama ini meliputi berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, keamanan, dan sosial budaya.

  • Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA)

    ASEAN telah menandatangani FTA dengan sejumlah negara di luar kawasan, seperti Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, dan Australia. FTA ini menciptakan pasar yang lebih besar dan mengurangi hambatan perdagangan, sehingga meningkatkan perdagangan dan investasi di kawasan.

  • Bantuan Pembangunan

    ASEAN menerima bantuan pembangunan dari negara-negara maju dan lembaga internasional. Bantuan pembangunan ini digunakan untuk mendukung pembangunan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup di negara-negara anggota ASEAN.

  • Penanganan Isu Global

    ASEAN juga bekerja sama dengan negara-negara lain untuk menangani isu-isu global, seperti perubahan iklim, terorisme, dan pandemi. Kerja sama ini dilakukan melalui berbagai mekanisme, seperti ASEAN Regional Forum (ARF) dan East Asia Summit (EAS).

Kemitraan global memberikan banyak manfaat bagi ASEAN. Kemitraan global membantu ASEAN untuk meningkatkan perdagangan dan investasi, menarik bantuan pembangunan, dan mengatasi tantangan global. Kemitraan global juga memperkuat posisi ASEAN di dunia dan menjadikan ASEAN sebagai pemain penting dalam urusan regional dan global.

Komponen-Komponen Penting ASEAN


Komponen-Komponen Penting ASEAN, Informasi

ASEAN, atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, adalah sebuah organisasi yang terdiri dari 10 negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN didirikan pada tahun 1967 dengan tujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan budaya di kawasan. Sejak saat itu, ASEAN telah berkembang menjadi organisasi yang komprehensif dan memainkan peran penting dalam berbagai bidang, mulai dari ekonomi hingga keamanan.

  • Kerja Sama Ekonomi

    Kerja sama ekonomi merupakan komponen penting dalam ASEAN. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan perdagangan, investasi, dan pertumbuhan ekonomi di kawasan. ASEAN telah membentuk sejumlah mekanisme untuk memfasilitasi kerja sama ekonomi, seperti Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA), yang telah menciptakan pasar tunggal untuk barang dan jasa.

  • Komunitas Politik-Keamanan

    Komunitas Politik-Keamanan ASEAN (APSC) dibentuk pada tahun 2015 dan bertujuan untuk memperkuat kerja sama politik dan keamanan di kawasan. APSC mencakup bidang-bidang seperti manajemen konflik, kontraterorisme, dan keamanan maritim.

  • Komunitas Sosial Budaya

    Komunitas Sosial Budaya ASEAN (ASCC) dibentuk pada tahun 2015 dan bertujuan untuk mempromosikan kerja sama di bidang sosial dan budaya. ASCC mencakup bidang-bidang seperti pendidikan, kesehatan, dan pariwisata.

  • Hubungan Eksternal

    ASEAN menjalin hubungan eksternal dengan berbagai negara dan organisasi internasional. Hubungan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama di berbagai bidang dan mempromosikan kepentingan ASEAN di tingkat global.

Komponen-komponen penting ini saling terkait dan berkontribusi pada keberhasilan ASEAN dalam mewujudkan tujuan-tujuannya. Kerja sama ekonomi telah meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di kawasan. Komunitas Politik-Keamanan telah memperkuat stabilitas dan keamanan. Komunitas Sosial Budaya telah meningkatkan kesejahteraan sosial dan budaya masyarakat ASEAN. Dan hubungan eksternal telah memperkuat posisi ASEAN di tingkat global.

Apa itu ASEAN

ASEAN adalah organisasi regional yang bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan budaya di kawasan Asia Tenggara. Aspek-aspek penting ASEAN meliputi:

  • Kerja sama ekonomi
  • Komunitas politik-keamanan
  • Komunitas sosial budaya
  • Hubungan eksternal

Kerja sama ekonomi ASEAN telah meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di kawasan. Komunitas politik-keamanan ASEAN telah memperkuat stabilitas dan keamanan. Komunitas sosial budaya ASEAN telah meningkatkan kesejahteraan sosial dan budaya masyarakat ASEAN. Hubungan eksternal ASEAN telah memperkuat posisi ASEAN di tingkat global.Aspek-aspek tersebut saling terkait dan berkontribusi pada keberhasilan ASEAN dalam mewujudkan tujuan-tujuannya. Kerja sama ekonomi, komunitas politik-keamanan, komunitas sosial budaya, dan hubungan eksternal merupakan pilar-pilar utama ASEAN yang mendukung pembangunan, stabilitas, dan kemajuan di kawasan Asia Tenggara.

Youtube Video: