Apa itu AKPOL? Temukan Rahasia dan Wawasan Eksklusif!


Apa itu AKPOL? Temukan Rahasia dan Wawasan Eksklusif!

Pengertian AKPOL


Pengertian AKPOL, Informasi

AKPOL adalah singkatan dari Akademi Kepolisian, yaitu lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI). AKPOL memiliki tugas untuk mendidik dan melatih calon perwira Polri agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang profesional dalam bidang kepolisian.

Untuk menjadi seorang perwira Polri, seseorang harus menempuh pendidikan di AKPOL selama 4 tahun. Selama masa pendidikan, para taruna AKPOL akan mendapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan dan keterampilan, seperti ilmu hukum, ilmu kepolisian, ilmu sosial, ilmu bela diri, dan keterampilan menembak. Selain itu, para taruna AKPOL juga akan dibekali dengan nilai-nilai luhur Polri, seperti Tribrata dan Catur Prasetya.

Setelah lulus dari AKPOL, para taruna akan dilantik menjadi perwira Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Selanjutnya, mereka akan ditempatkan di berbagai kesatuan Polri di seluruh Indonesia. Sebagai perwira Polri, mereka akan mengemban tugas untuk melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

Apa Itu AKPOL

AKPOL adalah lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI). AKPOL memiliki tugas untuk mendidik dan melatih calon perwira Polri agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang profesional dalam bidang kepolisian.

  • Pendidikan: AKPOL menyelenggarakan pendidikan selama 4 tahun untuk para calon perwira Polri.
  • Pelatihan: AKPOL memberikan berbagai macam pelatihan, seperti ilmu hukum, ilmu kepolisian, ilmu sosial, ilmu bela diri, dan keterampilan menembak.
  • Nilai-nilai luhur: AKPOL membekali para taruna dengan nilai-nilai luhur Polri, seperti Tribrata dan Catur Prasetya.
  • Perwira Polri: Lulusan AKPOL akan dilantik menjadi perwira Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).
  • Tugas: Sebagai perwira Polri, lulusan AKPOL akan mengemban tugas untuk melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.
  • Lembaga pendidikan: AKPOL merupakan lembaga pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan POLRI.
  • Calon perwira: AKPOL mendidik dan melatih calon perwira Polri.
  • Kemampuan profesional: AKPOL membekali calon perwira Polri dengan kemampuan dan keterampilan yang profesional.
  • Bidang kepolisian: AKPOL fokus pada pendidikan dan pelatihan di bidang kepolisian.
  • Masyarakat: Lulusan AKPOL akan bertugas untuk melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

Sepuluh aspek tersebut merupakan bagian penting dari pemahaman tentang AKPOL. AKPOL tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan, tetapi juga sebagai pencetak calon pemimpin Polri yang profesional dan berintegritas. Lulusan AKPOL diharapkan dapat menjadi tulang punggung Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Pendidikan


Pendidikan, Informasi

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dari AKPOL (Akademi Kepolisian). AKPOL menyelenggarakan pendidikan selama 4 tahun untuk para calon perwira Polri agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang profesional dalam bidang kepolisian.

  • Komponen Pendidikan

    Selama 4 tahun, para calon perwira Polri akan mendapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan dan keterampilan, seperti ilmu hukum, ilmu kepolisian, ilmu sosial, ilmu bela diri, dan keterampilan menembak.

  • Metode Pendidikan

    AKPOL menerapkan metode pendidikan yang modern dan inovatif, seperti metode problem based learning, case study, dan simulasi. Metode-metode ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan pemecahan masalah para taruna AKPOL.

  • Nilai-nilai Pendidikan

    Selain ilmu pengetahuan dan keterampilan, AKPOL juga menanamkan nilai-nilai luhur Polri, seperti Tribrata dan Catur Prasetya, kepada para taruna. Nilai-nilai ini menjadi pedoman bagi para perwira Polri dalam menjalankan tugasnya.

  • Kurikulum Pendidikan

    Kurikulum pendidikan AKPOL dirancang secara komprehensif dan selalu disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kurikulum ini mencakup berbagai mata kuliah yang relevan dengan tugas dan fungsi Polri, seperti hukum pidana, hukum acara pidana, manajemen kepolisian, dan reserse kriminal.

Dengan menyelenggarakan pendidikan selama 4 tahun, AKPOL diharapkan dapat mencetak perwira Polri yang profesional, berintegritas, dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang kepolisian. Lulusan AKPOL akan siap untuk mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

Pelatihan


Pelatihan, Informasi

Pelatihan merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan di AKPOL (Akademi Kepolisian). AKPOL memberikan berbagai macam pelatihan untuk membekali calon perwira Polri dengan kemampuan dan keterampilan yang profesional dalam bidang kepolisian.

  • Komponen Pelatihan

    Adapun jenis-jenis pelatihan yang diberikan di AKPOL antara lain ilmu hukum, ilmu kepolisian, ilmu sosial, ilmu bela diri, dan keterampilan menembak. Pelatihan-pelatihan ini dirancang untuk mengembangkan berbagai aspek kemampuan para taruna AKPOL, baik secara intelektual, fisik, maupun mental.

  • Metode Pelatihan

    AKPOL menerapkan metode pelatihan yang modern dan inovatif, seperti simulasi, role playing, dan latihan praktek. Metode-metode ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada para taruna AKPOL dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang mungkin terjadi di lapangan.

  • Fasilitas Pelatihan

    AKPOL memiliki fasilitas pelatihan yang lengkap dan memadai, seperti lapangan tembak, lapangan olahraga, gedung simulasi, dan laboratorium forensik. Fasilitas-fasilitas ini mendukung proses pelatihan para taruna AKPOL agar dapat berjalan secara efektif dan efisien.

  • Pelatih Profesional

    Pelatihan di AKPOL diberikan oleh para pelatih yang profesional dan berpengalaman di bidangnya masing-masing. Para pelatih ini berasal dari berbagai kesatuan Polri, seperti Korps Brimob, Reserse Kriminal, dan Lalu Lintas. Dengan demikian, para taruna AKPOL dapat memperoleh ilmu dan keterampilan langsung dari para ahli di bidangnya.

Baca juga:  Perbedaan HIV Vs AIDS: Mengenal Beda Penyakit Dan Sindrom Terkait

Dengan memberikan berbagai macam pelatihan, AKPOL diharapkan dapat mencetak perwira Polri yang profesional, berintegritas, dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang kepolisian. Lulusan AKPOL akan siap untuk mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

Nilai-nilai luhur


Nilai-nilai Luhur, Informasi

Pembekalan nilai-nilai luhur Polri merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan di AKPOL (Akademi Kepolisian). Nilai-nilai luhur Polri, seperti Tribrata dan Catur Prasetya, menjadi pedoman bagi setiap anggota Polri dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Tribrata merupakan pedoman hidup bagi anggota Polri yang terdiri dari melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat. Sementara itu, Catur Prasetya merupakan janji anggota Polri untuk senantiasa menjunjung tinggi etika profesi dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Pembekalan nilai-nilai luhur Polri di AKPOL bertujuan untuk membentuk karakter dan mental para calon perwira Polri agar memiliki integritas dan profesionalisme yang tinggi. Para taruna AKPOL dibekali dengan nilai-nilai luhur Polri melalui berbagai kegiatan, seperti ceramah, diskusi, dan kegiatan ekstrakurikuler.

Dengan membekali para taruna dengan nilai-nilai luhur Polri, AKPOL diharapkan dapat mencetak perwira Polri yang berakhlak mulia, berintegritas, dan memiliki komitmen yang kuat untuk melayani masyarakat. Lulusan AKPOL diharapkan dapat menjadi teladan dan panutan bagi masyarakat, serta mampu menjaga citra Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

Perwira Polri


Perwira Polri, Informasi

Lulusan AKPOL dilantik menjadi perwira Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) setelah menyelesaikan pendidikan selama 4 tahun. Pelantikan ini merupakan bagian penting dari proses pendidikan di AKPOL, karena menandakan bahwa para lulusan telah memenuhi syarat dan siap untuk mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai perwira Polri.

  • Role of Ipda

    Pangkat Ipda merupakan pangkat perwira pertama di lingkungan Polri. Perwira dengan pangkat Ipda biasanya bertugas sebagai Kepala Unit (Kanit) atau Kepala Sub Bagian (Kasubbag) di berbagai kesatuan Polri, seperti Reserse Kriminal, Lalu Lintas, dan Sabhara.

  • Responsibilities of Ipda

    Sebagai perwira Polri, Ipda memiliki berbagai tugas dan tanggung jawab, antara lain memimpin dan membina anak buah, melaksanakan tugas-tugas kepolisian, dan menegakkan hukum. Ipda juga harus mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam berbagai situasi yang dihadapi.

  • Career Path of Ipda

    Pangkat Ipda merupakan awal dari jenjang karier seorang perwira Polri. Setelah beberapa tahun bertugas dengan pangkat Ipda, perwira Polri dapat naik pangkat menjadi Ajun Komisaris Polisi (AKP) atau Komisaris Polisi (Kompol).

  • Significance of Ipda Rank for AKPOL Graduates

    Pelantikan menjadi perwira Polri dengan pangkat Ipda merupakan kebanggaan bagi lulusan AKPOL. Pangkat Ipda menjadi simbol bahwa mereka telah berhasil menyelesaikan pendidikan di AKPOL dan siap untuk mengabdikan diri kepada masyarakat sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

Dengan demikian, pelantikan lulusan AKPOL menjadi perwira Polri dengan pangkat Ipda merupakan salah satu aspek penting dalam proses pendidikan di AKPOL. Pangkat Ipda menjadi simbol bahwa lulusan AKPOL telah memenuhi syarat dan siap untuk mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai perwira Polri.

Tugas


Tugas, Informasi

Tugas pokok Polri adalah melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat. Hal ini juga menjadi tugas utama bagi lulusan AKPOL (Akademi Kepolisian) setelah dilantik menjadi perwira Polri.

  • Perlindungan

    Perwira Polri bertugas untuk melindungi masyarakat dari berbagai ancaman, seperti kejahatan, bencana alam, dan gangguan keamanan lainnya. Perwira Polri juga bertugas untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

  • Pengayoman

    Perwira Polri bertugas untuk mengayomi masyarakat. Hal ini dilakukan dengan memberikan bantuan dan pelayanan kepada masyarakat, seperti membantu korban bencana alam, memberikan penyuluhan tentang hukum, dan membantu menyelesaikan masalah-masalah sosial.

  • Pelayanan

    Perwira Polri bertugas untuk melayani masyarakat. Hal ini dilakukan dengan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, seperti memberikan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan pelayanan lainnya.

Baca juga:  Temukan Rahasia Tata Bahasa yang Tak Terungkap: Panduan Utama untuk Memahami "Apa Itu Grammar"

Tugas melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat merupakan tugas mulia yang diemban oleh setiap perwira Polri. Lulusan AKPOL diharapkan dapat mengemban tugas ini dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat menjadi pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat yang profesional dan berintegritas.

Lembaga pendidikan


Lembaga Pendidikan, Informasi

AKPOL (Akademi Kepolisian) merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI). AKPOL memiliki tugas untuk mendidik dan melatih calon perwira Polri agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang profesional dalam bidang kepolisian.

Keberadaan AKPOL sebagai lembaga pendidikan sangat penting bagi POLRI karena menjadi salah satu pilar utama dalam pengembangan sumber daya manusia Polri. Melalui pendidikan di AKPOL, calon perwira Polri dibekali dengan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai luhur Polri yang menjadi bekal untuk menjalankan tugas sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

Lulusan AKPOL diharapkan dapat menjadi perwira Polri yang profesional, berintegritas, dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang kepolisian. Dengan demikian, AKPOL berperan penting dalam menjaga kualitas dan profesionalisme Polri dalam menjalankan tugasnya.

Calon perwira


Calon Perwira, Informasi

AKPOL (Akademi Kepolisian) merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI). AKPOL memiliki tugas untuk mendidik dan melatih calon perwira Polri agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang profesional dalam bidang kepolisian.

  • Komponen Pendidikan

    Pendidikan di AKPOL mencakup berbagai komponen, seperti ilmu hukum, ilmu kepolisian, ilmu sosial, ilmu bela diri, dan keterampilan menembak. Komponen-komponen ini dirancang untuk mempersiapkan calon perwira Polri dalam menghadapi berbagai tantangan dan tugas kepolisian.

  • Metode Pelatihan

    AKPOL menerapkan metode pelatihan yang modern dan inovatif, seperti simulasi, role playing, dan latihan praktik. Metode-metode ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada calon perwira Polri dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang mungkin terjadi di lapangan.

  • Nilai-nilai Luhur

    Selain ilmu pengetahuan dan keterampilan, AKPOL juga menanamkan nilai-nilai luhur Polri, seperti Tribrata dan Catur Prasetya, kepada para calon perwira Polri. Nilai-nilai ini menjadi pedoman bagi calon perwira Polri dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

  • Kurikulum Pendidikan

    Kurikulum pendidikan AKPOL dirancang secara komprehensif dan selalu disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kurikulum ini mencakup berbagai mata kuliah yang relevan dengan tugas dan fungsi Polri, seperti hukum pidana, hukum acara pidana, manajemen kepolisian, dan reserse kriminal.

Dengan mendidik dan melatih calon perwira Polri, AKPOL berperan penting dalam menjaga kualitas dan profesionalisme Polri dalam menjalankan tugasnya. Lulusan AKPOL diharapkan dapat menjadi perwira Polri yang profesional, berintegritas, dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang kepolisian.

Kemampuan profesional


Kemampuan Profesional, Informasi

Dalam konteks apa itu AKPOL, kemampuan profesional merupakan salah satu komponen penting yang menjadi ciri khas lembaga pendidikan tinggi kedinasan tersebut. AKPOL mengemban tugas untuk membekali calon perwira Polri dengan kemampuan dan keterampilan yang profesional dalam bidang kepolisian.

Kemampuan profesional yang dimaksud meliputi berbagai aspek, seperti:

  • Pengetahuan dan keterampilan hukum, termasuk hukum pidana, hukum acara pidana, dan hukum kepolisian.
  • Pengetahuan dan keterampilan dalam bidang reserse kriminal, seperti teknik penyidikan dan penyelidikan.
  • Pengetahuan dan keterampilan dalam bidang manajemen kepolisian, seperti manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi, dan manajemen keuangan.
  • Keterampilan dalam bidang bela diri dan penggunaan senjata.
  • Keterampilan dalam berkomunikasi, bernegosiasi, dan menyelesaikan masalah.

Kemampuan profesional tersebut menjadi bekal penting bagi calon perwira Polri dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Dengan dibekali kemampuan profesional yang mumpuni, lulusan AKPOL diharapkan mampu menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi di lapangan.

Selain itu, kemampuan profesional juga menjadi salah satu indikator kualitas dan kredibilitas AKPOL sebagai lembaga pendidikan tinggi kepolisian. Kemampuan profesional yang dimiliki oleh lulusan AKPOL menjadi bukti bahwa AKPOL mampu menghasilkan sumber daya manusia Polri yang berkualitas dan siap pakai.

Bidang Kepolisian


Bidang Kepolisian, Informasi

Dalam konteks apa itu AKPOL, fokus pada bidang kepolisian merupakan salah satu ciri khas yang membedakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan ini dengan lembaga pendidikan lainnya. AKPOL mengemban tugas untuk mendidik dan melatih calon perwira Polri agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang profesional dalam bidang kepolisian.

Baca juga:  Temukan Rahasia Dibalik "Apa Itu Switch" dan Tingkatkan Jaringan Anda

Fokus pada bidang kepolisian ini meliputi berbagai aspek, seperti:

  • Kurikulum pendidikan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan tugas dan fungsi Polri.
  • Metode pelatihan yang inovatif dan berbasis praktik lapangan.
  • Tenaga pengajar yang berpengalaman dan berasal dari lingkungan Polri.
  • Fasilitas pendidikan yang lengkap dan modern, seperti lapangan tembak, laboratorium forensik, dan gedung simulasi.

Dengan fokus pada bidang kepolisian, AKPOL mempersiapkan calon perwira Polri untuk menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi di lapangan. Lulusan AKPOL diharapkan mampu menjadi perwira Polri yang profesional, berintegritas, dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang kepolisian, seperti:

  • Melakukan penyidikan dan penyelidikan tindak pidana.
  • Menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.
  • Melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.
  • Menegakkan hukum dan peraturan perundang-undangan.

Dengan demikian, fokus pada bidang kepolisian merupakan salah satu komponen penting dari apa itu AKPOL. Fokus ini menjadi landasan bagi AKPOL dalam menghasilkan sumber daya manusia Polri yang berkualitas dan siap pakai.

Masyarakat


Masyarakat, Informasi

Dalam konteks apa itu AKPOL, pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tujuan utama dari lembaga pendidikan tinggi kedinasan ini. Lulusan AKPOL memiliki tugas untuk melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

Tugas tersebut dijalankan melalui berbagai peran dan fungsi Polri, di antaranya:

  • Melindungi masyarakat dari segala bentuk ancaman, seperti kejahatan, bencana alam, dan gangguan keamanan lainnya.
  • Mengayomi masyarakat dengan memberikan bantuan dan pelayanan, seperti membantu korban bencana alam, memberikan penyuluhan tentang hukum, dan membantu menyelesaikan masalah-masalah sosial.
  • Melayani masyarakat dengan memberikan pelayanan yang baik, seperti memberikan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan pelayanan lainnya.

Dengan mengemban tugas untuk melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat, AKPOL berupaya untuk mempersiapkan calon perwira Polri menjadi sosok yang profesional, berintegritas, dan memiliki jiwa pengabdian yang tinggi. Lulusan AKPOL diharapkan mampu menjadi pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat yang dapat diandalkan.

Pengabdian kepada masyarakat juga menjadi salah satu indikator keberhasilan AKPOL dalam menjalankan tugasnya. Kemampuan lulusan AKPOL dalam melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat menjadi bukti nyata bahwa AKPOL mampu menghasilkan sumber daya manusia Polri yang berkualitas dan siap pakai.

Komponen Pendidikan di AKPOL


Komponen Pendidikan Di AKPOL, Informasi

Pendidikan di AKPOL mencakup berbagai komponen yang dirancang untuk mempersiapkan calon perwira Polri menghadapi tantangan dan tugas kepolisian.

  • Ilmu Hukum

    Calon perwira Polri dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan hukum, termasuk hukum pidana, hukum acara pidana, dan hukum kepolisian. Pemahaman hukum yang kuat menjadi dasar bagi penegakan hukum yang adil dan profesional.

  • Ilmu Kepolisian

    Ilmu kepolisian meliputi berbagai bidang, seperti reserse kriminal, manajemen kepolisian, dan ilmu forensik. Pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ini sangat penting untuk melaksanakan tugas kepolisian secara efektif.

  • Ilmu Sosial

    Ilmu sosial, seperti sosiologi, psikologi, dan komunikasi, memberikan pemahaman tentang masyarakat dan perilaku manusia. Pemahaman ini sangat penting untuk membangun hubungan yang baik dengan masyarakat dan menyelesaikan masalah sosial.

  • Latihan Keterampilan

    Selain pengetahuan teoritis, calon perwira Polri juga dibekali dengan latihan keterampilan, seperti bela diri, penggunaan senjata, dan mengemudi taktis. Keterampilan ini sangat penting untuk menghadapi situasi yang memerlukan tindakan cepat dan tepat.

Komponen pendidikan yang komprehensif di AKPOL mempersiapkan calon perwira Polri untuk menjadi perwira yang profesional, berintegritas, dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menjalankan tugas pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

Apa Itu AKPOL

AKPOL adalah lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI). AKPOL memiliki tugas untuk mendidik dan melatih calon perwira Polri agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang profesional dalam bidang kepolisian.

  • Lembaga pendidikan: AKPOL merupakan lembaga pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan POLRI.
  • Calon perwira: AKPOL mendidik dan melatih calon perwira Polri.
  • Kemampuan profesional: AKPOL membekali calon perwira Polri dengan kemampuan dan keterampilan yang profesional.
  • Bidang kepolisian: AKPOL fokus pada pendidikan dan pelatihan di bidang kepolisian.
  • Masyarakat: Lulusan AKPOL akan bertugas untuk melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

Kelima aspek tersebut merupakan komponen penting dari pengertian AKPOL. AKPOL tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan, tetapi juga sebagai pencetak calon pemimpin Polri yang profesional dan berintegritas. Lulusan AKPOL diharapkan dapat menjadi tulang punggung Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Youtube Video: